Jumat, 16 Februari 2018

Pujian dan Kritikan


Pujian dan kritikan adalah hal yang selalu muncul pada diri seseorang. Seseorang pernah berkata :
"Tidak semua pujian itu tulus. Tidak semua kritik itu menjatuhkan. Renungkan apa yang kamu dengar dan hanya ambil yang bermanfaat". 
Terkadang pujian itu hanya membuat hati kita menjadi senang dan bangga. Tanpa disadari pujian dengan nada yang halus nan lembut tersebut hanyalah sebuah kata-kata sederhana agar membuat seseorang terkagum. Kita harus bisa membedakan mana mereka yang tulus dan dibalik semua itu terkadang kita juga menganggap sebuah kritikan adalah sebuah celaan. Celaan yang dapat menjatuhkan kita. Namun nyatanya, kritikan itu adalah bukti seseorang memberi masukan kepada kita. Semua itu tergantung siapa yang memberi kritikan dan makna dari kritikannya. Jika menurutmu kritikan itu sesuai dengan ranahnya maka kita bisa mendengarnya. Namun ketika kritikan tersebut gak sesuai dengan ranahnya maka jangan menghindar, cukup kita mendengarkannya tanpa mengambil manfaatnya. 
Pujian dan kritikan hal yang perlu untuk direnungkan. karena dua hal tersebut yang akan selalu hadir dalam diri kita. Bagaimana kita mampu memahami maksud dari keduanya adalah hal yang paling penting. Hal yang dapat membuat diri kita menjadi jauh lebih baik dan menjadikannya sebagai motivasi hidup kita dari orang lain. 
Seseorang adalah makhluk sosial, karenannya mereka butuh dua hal tersebut untuk merubah hidupnya menjadi seeorang yang sukses. Terima jika itu hal baik, dan jauhi jika itu hal buruk. Hidup tergantung bagaimana kita memaknainya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar